Sabtu, 12 Maret 2011

Gempa Dahsyat Melanda Jepang



TEMPO Interaktif, Tokyo - Lebih dari 1.700 orang kemungkinan meninggal atau hilang menyusul  gempa bumi besar dan tsunami yang melanda Jepang, menurut laporan kantor berita Kyodo pada hari Sabtu.

Sekitar 300 ribu orang telah dievakuasi dari rumah mereka dan jumlah itu kemungkinan meningkat saat pemerintah memperbesar cakupan wilayah evakuasi di sekitar dua pembangkit listrik tenaga nuklir di Fukushima, Jepang bagian utara, kata Kyodo.

Polisi menghitung korban tewas di 637 dan orang hilang di 653, tetapi jumlah ini kemungkinan akan jauh lebih besar saat 200-300 mayat sedang diangkut di kota Sendai dan 200 orang lainnya dibawa ke gym di bagian lain Prefektur Miyagi, kata Kyodo.

Gempa diperkirakan berkekuatan 8,9 skala richter kemudian diikuti gempa suusulan sebanyak 5 kali dalam satu jam dengan kekuatan yang terbesar, 7,1 skala richter. Gempa juga  menghasilkan gelombang tsunami setinggi 13 kaki atau 4 meter.
Gempa menyapu beberapa kota di Tokyo. Para petugas berusaha mendata kerusakan dan korban jiwa, namun belum ada data yang akurat. Kebakaran besar tak terkendali  juga terjadi di tempat penyulingan minyak Cosmo di kota Ichihara dekat Tokyo.
Pusat peringatan Tsunami di Hawaii mengingatkan bahwa gelombang tsunami akan terasa sampai Rusia, pulau Markus dan utara Marianas
Peringatan akan terjadinya Tsunami diperluas ke beberapa negara Pasifik, Asia tenggara dan Amerika Latin, seperti Rusia, Filipina, Indonesia, Selandia Baru dan Chili

Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Muse Zone © 2011. Design by :Muse Zone Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute
This template is brought to you by : allblogtools.com Blogger Templates